DETEKSI
DINI TUMBUH KEMBANG
(DDTK)
STIKES
Nahdlatul
Ulama
Tuban
|
STANDARD
OPERATING PROSEDUR ( S O P )
DETEKSI
DINI TUMBUH KEMBANG
(DDTK)
|
||
PROTAB
|
No.
Dokumen :
|
No.
Revisi : -
|
Halaman
:
|
Tanggal
Terbit :
|
Ditetapkan
Ketua
STIKES NU Tuban
(H.
Miftahul Munir, SKM. M.Kes)
NIP.
1971041219973031004
|
||
Pengertian
|
Standar Operasional Prosedur DETEKSI
DINI TUMBUH KEMBANG adalah prosedur dalam pemberian asuhan kepada bayi secara
dini untuk mengetahui tumbuh kembang anak sesuai usia.
|
||
Tujuan
|
Untuk mencari atau
mengidentifikasi kelainan dan untuk mendiagnosa tumbuh
kembang anak normal atau tidak sesuai usia.
|
||
Petugas
|
Petugas kesehatan
|
||
Pengkajian
|
Kaji pertumbuhan
anak sesuai usia
|
||
Persiapan
klien
|
Atur anak dalam
posisi duduk atau berdiri tergantung kondisi anak.
Beritahu keluarga
tentang tindakan perawatan yang akan dilakukan pada anak.
|
||
Persiapan
alat
|
Kertas
Mainan
Alat tulis dan
buku dokumentasi
Buku panduan DDTK
|
||
Prosedur
|
1.
Menyapa klien
dengan ramah
2. Posisikan pasien pada tempatnya.
3. Berikan rangsangan suara pada anak
4. Perhatikan expresi anak, apakah tersenyum, menangis,
5. Ajak bermain anak dengan permainan ciluk ba..
6. Perhatikan anak, apakah anak sudah dapat duduk,
berdiri, berjalan, atau berlari
7. Ajak anak untuk bermain balok-balok
8. Ajak bicara anak, perhatikan respon anak
9.
Cocokan dengan
buku panduan untuk mengetahui perkembangan pada anak.
|
||
Referensi
|
SUMBER : ADOPSI YAYASAN SURYA
KANTI PUSAT PENGEMBANGAN POTENSI ANAK
|
DETEKSI
DINI TUMBUH KEMBANG ANAK
4 Bulan
: 1. Mampu menumpu dengan kedua lengan dan berusaha mengangkat kepala.
2. Mampu bermain-main dengan kedua tangannya.
3. Anak mampu mengamati mainan
4. Mampu mendengar suara kertas diremas dan bermain bibir sambil
mengeluarkan air liur.
5. Mampu tersenyum kepada ibu
8 Bulan
: 1. Mampu duduk sendiri kemudian mengambil posisi ongkang-ongkang dan bertahan
sebentar.
2. Mampu menggenggam balok mainan dengan seluruh permukaan tangan.
3. Mampu memperhatikan dan mencari mainan yang jatuh.
4.
Mampu mengeluarkan suara: ma...ma...ta...ta...da...da.
5. Mampu bermain ciluk...baaa.
12 Bulan
: 1. Mampu berdiri sendiri dan berjalan sambil berpegangan.
2. Mampu mengambil benda kecil dengan ujung ibu jari dan jari telunjuk.
3. Dapat menunjukkan roda mobil-mobilan (anak laki-laki) dan mata boneka
(anak perempuan)
4. Mampu mengucapkan satu kata atau lebih dan tahu artinya.
5. Mampu memberikan mainan pada ibu atau bapak.
18 Bulan
: 1. Mampu berlari tanpa jatuh.
2. Mampu menyusun tiga balok.
3. Mampu menutup gelas.
4. Mampu mengucapkan sepuluh kata atau lebih dan tahu artinya.
5. Mampu menyebutkan namanya bila ditanya.
24 Bulan
: 1. Mampu melompat dengan dua kaki sekaligus.
2. Mampu membuka botol dengan memutar tutupnya.
3. Mampu menyebutkan enam bagian tubuh.
4. Mampu menjawab dengan kalimat dua kata.
5. Mampu meniru kegiatan orang dewasa.
36 Bulan
: 1. Mampu turun tangga dengan kaki bergantian tanpa berpegangan.
2. Mampu meniru garis tegak,
garis datar, dan lingkaran.
3. Mampu memberi nama tiga warna.
4. Mampu bertanya dengan memakai kata apa, siapa, dimana?
5. Mampu bermain bersama teman-teman.
48 Bulan
: 1. Mampu melompat dengan satu kaki ditempat.
2. Mampu memegang pensil dengan ujung jari.
3. Mampu menghitung tiga balok mainan dengan cara menunjuk.
4. Mampu menggunakan kalimat lengkap (lebih dari dua kata).
5. Mampu bermain bersama teman dengan satu permainan.
60 Bulan
: 1. Mampu melompat dengan satu kaki kearah depan.
2. Mampu meniru tanda + (tambah),
kotak.
3. Mampu menggambar orang.
4. Mampu bercerita dan bermakna.
5. Mampu bermain bersama teman dengan mengikuti urutan permainan.
FORMAT
1. Mencoba
anak untuk tersenyum dengan tersenyum,berbicara atau melambaikan tangan
kepadanya. Jangan menyentuh anak.
2. Sewaktu
anak sedang bermain dengan permainan, tariklah permainanya. Lulus jika ia
menahan.
3. Anak
tidak harus berhasil untuk menali tali sepatu mengancing kancing belakang.
4. Gerakan
benang perlahan - lahan sesuai dengan bentuk busur secara bolak - balik, kira -
kira 15 cm (6) diatas muka anak.
Lulus
jika matanya mengikuti sejauh 90˚ ke garis tengah (melebihi garis tengah
180˚).
5. Lulus
jika anak memegang kericikan waktu disentuhkan pada belakang atau ujung jari.
6. Lulus
jika anak melanjutkan untuk melihat kemana benang itu hilang atau mencari
mencoba kemana hilangnya.
7. Lulus
jika anak mengambil manik-manik dengan bagian manapun dari jempol dan jarinya.
8. Lulus
jika anak mengambil manik-manik denagn ujung jempol dan jari telunjuk dengan
cara tangan diangkat keatasa bahu.
9. Lulus
asal ujung saling bertemu. Gagal, jika melakukan gerkana lingkaran yang terus –
menerus.
10. Garis
mana yang lebih panjang. Putar –lah kertas terbalik dan ulangi ( 3/3 dan 5/6 ).
11. Lulus
asal garis menyilang.
12. Biarkan
anak mencoba sendiri, jika tidak berhasil, berilah contoh.
13. Waktu
menilai setiap pasang (2 tangan, 2 kaki dan seterusnya ) hitunglah sebagai satu
bagian.
14. Tunnjukan
gambar dan anak diminta untuk menyebutkan ( kucing, burung, kuda, serigala,
manusia).
15. Katakan
kepada anak : berikan balok kepada ibu, teruhlah balok dilantai. Lulus 2 dan 3
(janganmemebantu anak dengan menunjukan, menggerakan kepala atau mata).
16. Tanyakan
kepada anak :
-apa
yang kau kerjakan pada waktu dingin?..............lapar?...........lelah?.
lulus 2 dari 3.
17. Katakan
kepada anak untuk : meletakkan balok diatas meja, dibawah meja, dimuka kursi,
belakang kursi. Lulus , 3 dari 4 (jangan membantu anak dengan menunjuk-nunjuk,
gerakan mata atau kepala).
18. Tanyakan
pada anak :
-
Jika api panas, maka
es.................................?
-
Ibu adalah seorang
wanita, maka bapak adalah seorang..............................?
-
Kuda besar, sedangakan
tikus........................................?.
Lulus 2 dari 3.
19. Tanyakan
pada anak :
Apakah
bola itu?.................,danau..............,meja
tulis?.................,rumah?...................,
Ubin
?......................,pisang........................,korden?..................pagar?.........................
Lulus
jika dijelaskan sesuai dengan gunanya, bentuknya, dibuat apa atau kategori cara
umum (misalnya pisang adalah buah,buakan hanya kuning).
Lulus
6 dari 9.
20. Tanya
pada anak :
Sendok
dibuatdari apa?................sepatu dibuatdari?...................pintu
dibuat dari?..........(tidak boleh ditukar dengan objek lain). Lulus 3 dari 3.
21. Waktu
ditengkurapkan anak mengangkat dadanya bantuan lengannya atau tangannya.
22. Waktu
terlentang, peganag tangannya dan tariklah supaya duduk. Lulus jika kepala
tidak terkulai kebelakang.
23. Anak
hanya boleh mempergunakan dinding atau kayu palang, bukan orang. Tidak boleh
merangkak.
24. Anak
melemparkan bola diatas bahu 3 meter kearah penguji.
25. Anak
harus meloncat melampaui lebar kertas test (8-1/2 inci).
26. Suruh
anak berjalan kedepan tumit berjalan 1 inci (2 ½ cm) dari jempol kaki.
Penguji
boleh memberi contoh.
27. Lemparkan
bola kepada anak yang berdiri 3 kaki (+1 meter)jauhnya dari penguji. Anak
memberi bola dengan tangan,bukan dengan lengan, 2 dari 3 percobaan.
28. Suruhlah
anak berjalan mundur jempol kaki berjarak 1 inci (2 ½ cm) dari tumit. Penguji
boleh memberi contoh. Anak harus melangkah 4 langkah berturut-turut.
2
dan 3 percobaan.
0 Response to "DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG"
Post a Comment